Oleh: Muhammad Abduh Negara
Ijma’ merupakan hujjah menurut Asy-Syafi’i, namun beliau membatasinya hanya pada berbagai kewajiban yang wajib diketahui oleh setiap orang, serta pada pokok-pokok ilmu dan agama, tidak pada selainnya.
Beliau tidak menganggap ijma’ sukuti sebagai hujjah, demikian juga ijma’ penduduk Madinah, ijma al-haramayn (ulama dari dua Tanah Haram), ijma’ al-mishrayn (ulama Kufah dan Bashrah), dan kesepakatan mayoritas mujtahidin, bukan hujjah menurut beliau.
Ijma’ yang dianggap hujjah menurut beliau, yang pertama adalah Ijma’ Shahabat, setelah itu, ijma’ seluruh mujtahidin pada setiap masa.
Rujukan: Al-Fiqh Asy-Syafi’i Al-Muyassar, karya Prof. Dr. Wahbah Az-Zuhaili, Juz 1, Halaman 47, Penerbit Dar Al-Fikr, Damaskus, Suriah.
Leave a Reply