Oleh: Muhammad Abduh Negara
Fawaid Fathul Bari #14
Hadits 1
Menurut Al-Hafizh Ibnu Hajar, dari Hadits Niat (إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ…) ini juga bisa disimpulkan, mafhum mukhalafahnya adalah perkara yang tidak dianggap sebagai amal, maka tidak disyaratkan niat padanya. Beliau mencontohkan jama’ taqdim.
Menurut beliau, pendapat yang rajih berdasarkan hasil penelitian, tidak disyaratkan niat pada jama’ taqdim. Dan pendapat ini berbeda dengan pendapat banyak ulama Syafi’iyyah, yang menyatakan disyaratkan niat padanya.
Beliau mengutip pernyataan guru beliau, Imam Sirajuddin Al-Bulqini, yang beliau sebut “Syaikhuna Syaikhul Islam”. Guru beliau tersebut berkata: “Jama’ itu bukan amal. Yang merupakan amal adalah shalat.”
Al-Hafizh kemudian menyatakan, yang menguatkan pendapat tersebut adalah, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan jama’ pada saat Perang Tabuk, dan beliau tidak menyebutkan tentang jama’ tersebut kepada para makmum yang shalat di belakang beliau. Seandainya jama’ itu perlu niat, tentu Nabi akan menyampaikannya kepada mereka.
Wallahu a’lam.
Rujukan: Fath Al-Bari bi Syarh Shahih Al-Bukhari, karya Imam Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-‘Asqalani, Penerbit Ar-Risalah Al-‘Alamiyyah, Damaskus, Tahun Terbit 1434 H (2013 M), Juz 1, Hlm. 37.
Leave a Reply